Sejarah Game FIFA

“EA tidak peduli tentang FIFA.”Game Fifa

Neil Thewarapperuma (atau Neil T kepada teman-temannya) adalah bukan orang yang berbasa-basi. Dia adalah bos pemasaran Eropa untuk EA Sports kembali pada tahun 1993, tahun penerbit akan meluncurkan game pertamanya sepakbola yang pernah.

Dia tidak salah. EA tidak peduli FIFA, atau sepak bola sama sekali dalam hal ini. AS penerbit tidak tertarik dalam olahraga yang praktis tidak ada di negara asalnya.

Tapi terus-menerus berdarah-pikiran dari pakaian Eropa EA dibuat FIFA terjadi. Dan itu tim ini yang akan pergi untuk bekerja bersama sekelompok kecil pengembang berbakat sekitar 5.000 mil jauhnya, untuk membangun apa yang akan menjadi salah satu waralaba video game terbesar di dunia.

Ini adalah bagaimana mereka melakukannya.

 

“Mereka tidak berpikir kami akan menjual satu salinan ini.
Mereka pikir itu akan menjadi bencana yang lengkap. “

– Marc Aubanel, FIFA Internasional Sepakbola Asisten Produser

Suara-suara yang menyerukan gelar sepak bola EA yang banyak.

Di AS, EA Sports Network (ESN atau, seperti yang disebut waktu itu sebelum ESPN meminta mereka untuk mengubahnya) adalah penjualan raksasa berkat orang-orang seperti NHL dan Madden. Selama di Eropa, namun, game ini adalah non-entitas.

“Kami melakukan penelitian dan menemukan bahwa 90 persen pembaca majalah C & VG mencintai sepak bola,” kata David Gardner, penjualan dan pemasaran bos untuk EA Eropa pada saat itu.

“Jadi kami menyadari bahwa jika kita ingin membawa merek EA Sports ke Eropa kami membutuhkan pertandingan sepak bola.”

Anggota tim Inggris melobi AS untuk membiarkan mereka membangun satu. Dan bahkan EA Kanada Bruce McMillan, seorang pendukung Chelsea yang akan pergi untuk memimpin tim pengembangan FIFA, mencoba membujuk hirarki EA untuk membangun sebuah pertandingan sepak bola.

“Saya mengatakan bahwa kita harus dalam bisnis sepak bola di seluruh dunia. Tapi ketika saya pertama kali mengatakan bahwa, EA seperti: ‘baik kita sudah dalam bisnis sepak bola dengan Madden. “Kataku.” Tidak, maksudku sepak bola yang tepat’ ”

EA akhirnya berkata ya, didorong sebagian oleh tinggi prediksi penjualan EA Eropa. Namun tim Inggris tidak memiliki studio pengembangan pada waktu itu, dan Mega kit drive dev yang sulit didapat. Sehingga tim berangkat untuk menemukan beberapa devs lokal untuk membantu membangun mereka prototipe.

“Saya dan rekan saya Hukum Jon yang mengembangkan sesuatu dan kami berharap bahwa EA akan menandatanganinya,” jelas Jules Burt, pengembang indie Inggris pada saat itu, bekerja di Widnes, Cheshire.

EA Soccer Prototype“Saya ingat seseorang dari EA bepergian sepanjang jalan ke utara untuk mengunjungi kami, di mana ia mengatakan kepada kami proyek kreatif kita tidak akan maju. Namun, ia juga memiliki berita permainan lain mereka ingin kita untuk membantu mengembangkan -. Sepak bola ”

Itu seseorang yang mengunjungi mereka adalah produser Matt Webster, salah satu dari beberapa anggota tim FIFA asli yang masih bekerja di EA hari ini, sekarang di Need for pengembang Kecepatan Kriteria.

“Orang-orang ini memiliki development kit Sega Genesis,” kenang Webster.

“Saya tidak tahu di mana mereka mendapatkannya, saya mungkin tidak benar-benar ingin tahu, karena pada saat itu EA bahkan tidak bisa mendapatkan satu.

“Jon dan Jules telah melakukan tiga tes bagi kita. Salah satunya adalah bergulir lapangan sisi, salah satu adalah ke depan ke dalam lapangan layar, dan yang lainnya adalah lapangan isometrik.

“Saya ingat pergi ke sana dan melihat lapangan isometrik dan berpikir:. ‘Wow ini menarik'”

Burt menambahkan: “Kami akan sudah membuat prototipe untuk voli pantai permainan di Sega Genesis [Mega Drive di Eropa], sehingga upaya pertama kami adalah untuk membuat pengalaman sepak bola yang sama.

“Itu diberikan sisi dan berlapis dengan paralaks untuk memberikan efek kedalaman – mirip dengan kamera TV bergerak di sela-sela.

“Kami menyadari pandangan hanya tidak tepat – meskipun itu tampak baik – untuk sepak bola, dan bahwa kita perlu untuk melihat bidang dan tujuan untuk strategi Jadi pada saat isometrik adalah alternatif yang potensial, dan tentu akan sesuai dengan TV lebih nyata. melihat.”

Jules Burt dan Hukum Jon tidak pernah mengubah prototipe mereka ke permainan penuh, meskipun EA tidak pergi untuk menyewa mereka berdua. Sebaliknya ada kapasitas di salah satu studio baru EA untuk membangun EA Sepakbola (yang judul kerja permainan), 5.000 mil jauhnya di Vancouver, Kanada.

“Pada saat itu jiwa menghancurkan melihatnya pergi ke Kanada untuk pembangunan,” kata Law.

“Tapi sebenarnya tidak ada cara bahwa kita akan mampu memberikan permainan dengan kualitas yang dibutuhkan.”

Asli tim pengembangan EA Canada FIFA kecil. Hampir sepuluh pengembang penuh waktu bekerja pada proyek. Bruce McMillan memimpin tim, bersama teman-teman baiknya Jan Tian dan merekrut baru Joey Della-Savia.

McMillan mengatakan: “Tim asli itu sangat kecil dan saya bekerja sangat erat dengan programmer memimpin, Jan Tian. Jan adalah Cina dan memiliki gairah nyata untuk sepak bola.

“Joey adalah manajer pengembangan saya, dan kami memiliki tim ini yang tampaknya menjadi lebih baik setiap hari. Dia dan aku sangat, sangat dekat. Dia tidak dikirimkan permainan sebelum tapi adalah orang orang-orang super. Tim mencintainya. Sehingga memberi saya kesempatan untuk menjadi produser yang super keras kepala. ”

FIFA Team
THE FIFA TIM: (Searah jarum jam dari kiri atas) Jon Bruce, John Santamaria, Jan Tian, ​​Linda Stansfield, Bruce McMillan, Joey Della-Savia, Lee Patterson, Jeff Van Dyck, Kevin Pickell, Mike Smith, Suzan Germic, Dianna Davies, Brian Plank dan David Adams. Tidak digambarkan: Marc Aubanel dan George Ashcroft

 

FIFA memiliki banyak kompetisi pada saat itu. Pemimpin pasar yang Sensible Sepakbola dan Kick Off, dengan sudut pandang dari atas ke bawah mereka. Jika EA memiliki kesempatan untuk bersaing, itu harus melakukan sesuatu yang berbeda.

“Sensible Sepakbola sangat populer pada saat itu,” kenang Tom Batu, yang bekerja di bawah Gardner di tim Inggris, terutama pada FIFA.

“Tapi itu permainan top-down dan kami pikir jika kita bisa membawa semua nilai-nilai EA Sports untuk pertandingan sepak bola, dengan realisme Madden NFL atau, maka kami akan melakukannya dengan baik.”

McMillan menambahkan: “Kami benar-benar mencoba untuk hidup dengan ‘Jika itu dalam permainan, itu dalam permainan’; itu harus otentik, itu merasa benar. ”

Pusat untuk realisme ini adalah sudut pandang isometrik ini baru, awalnya diusulkan oleh Burt dan Hukum, tapi kemudian diperbaiki dan diselesaikan oleh EA Kanada Jan Tian. Ini mungkin terlihat tua saat ini, tapi pada saat itu tampilan baru ini adalah revolusioner.

“Segala sesuatu tentang itu pertandingan pertama itu seperti:” Bagaimana sih mereka melakukan ini ‘Anda memiliki pandangan isometrik, Anda telah animasi pemain ini, yang saya memakai kotak, “kata Neil T.” Mereka begitu mengesankan “?.

“Itu hanya kemudian kami menemukan tidak ada nama-nama pemain,
kemiripan, atau logo tim disertakan dengan lisensi FIFA. “

– David Gardner, mantan bos EA Studios

Bagian dari pencarian game untuk realisme melihat tim Inggris mencari izin resmi. EA telah mengamankan resmi pemain nama, stadion dan tim untuk perusahaan Madden dan NHL game, dan EA ingin sama untuk judul baru sepak bola.

“Kami mulai membahas nama untuk permainan. Itu hanya disebut EA Sepakbola saat ini, “kata Webster.

“Dan beberapa dari kami mengatakan bahwa jika kita mengikuti tradisi EA Sports, maka kita harus pergi untuk asosiasi resmi, yang FIFA.

“Saya akhirnya membuat panggilan pertama untuk sekretaris pers FIFA, saya menjelaskan siapa kami dan dia memberi kami rincian agen pemasaran FIFA. Lalu aku menyerahkannya ke Tom Stone. ”

fifa2Batu melanjutkan: “Pekerjaan pertama saya di EA adalah untuk naik pesawat dan terbang ke Swiss untuk melihat FIFA.

“Kami bertemu kepala ISL pemasaran yang merupakan perwakilan dari FIFA, dan kami berjabat tangan pada kesepakatan di sana dan kemudian makan malam.

“Kesepakatan itu berlangsung melalui sampai 1998, itu adalah kontrak lima tahun. Saya tidak akan mengungkapkan apa pembayaran royalti itu, tapi itu sangat kecil. ”

Ada alasan mengapa EA berhasil mengamankan lisensi FIFA untuk seperti sejumlah kecil uang.

“Itu hanya kemudian kami menemukan tidak ada nama-nama pemain, kesamaan, atau logo tim dimasukkan karena sepak bola tidak disusun dengan cara komersial seperti liga US Sports,” tertawa David Gardner.

“Di belakang itu semua cukup lucu dan cerita Amerika bodoh besar yang ternyata cukup berhasil pula setelah ratusan penawaran nanti.”

Stone menambahkan: “Dalam banyak hal kami meminta hak-hak ini membantu sepakbola menjadi terorganisir.

“Aku pergi ke Asosiasi Sepakbola, Liga Premier, PFA dan seterusnya aku tahu orang-orang cukup baik dan mereka seperti:. ‘Oh benar, yang memiliki hak untuk pemain kemiripan maka Siapa yang memiliki hak untuk itu? stadion? Orang-orang yang meminta hak-hak. “Jadi dengan cara kita benar-benar membantu pekerjaan asosiasi semua hal-hal ini.”

Tapi penawaran lisensi penuh harus menunggu untuk judul FIFA nanti. Untuk pertandingan pertama ini EA harus pergi tanpa. Dan sehingga tim dev memutuskan untuk menempatkan diri mereka dalam permainan. Matt Webster pergi dimuka untuk Inggris. Joey Della-Savia berada di skuad Italia. Asisten produser Marc Aubanel menjadi striker untuk tim Prancis.

“Baru-baru ini saya tinggal di hotel di Perancis dan saya memiliki seseorang datang kepada saya dan bertanya: ‘? Hei tidak Anda striker untuk tim nasional Perancis di pertandingan pertama genesis’,” kata Aubanel. “Aku tidak percaya mereka ingat itu.”

McMillan bahkan menempatkan anaknya sendiri dalam permainan: “Saya punya anak yang baru lahir pada waktu itu saya tidak melihat banyak, dan jadi saya menempatkan dia dalam permainan dan aku memberinya statistik benar-benar baik. Sekarang anak saya adalah 20 tapi bahkan hari ini penggemar FIFA – penggemar hardcore nyata – ingat dia. Bahkan terjadi pada E3 tahun ini. ”

“Anda akan melihat orang-orang di 8:00, karena kami bekerja pada waktu Inggris, juga.
Kami akan melakukan ini dengan benar melalui Spring dan Summer memukul tenggat waktu kami.
Kami bekerja 16 jam sehari. “

– Bruce McMillan, produser FIFA Internasional Sepakbola

Pada titik ini, EA Kanada dan Eropa side-by-side bekerja. Kanada akan tinggal sampai larut malam untuk bekerja sama dengan rekan-rekan Inggris mereka. Webster akan terbang di atas selama berminggu-minggu untuk bekerja selain studio. Itu kemitraan tidak seperti industri telah terlihat sebelumnya. Namun EA AS tetap yakin FIFA akan sukses.

Marc Aubanel ingat: “Pada waktu itu liga sepak bola Amerika telah runtuh. Tidak ada satu. Dan bahkan lebih buruk kami memiliki lisensi ini yang EA belum pernah mendengar tentang. Mereka tidak berpikir kami akan menjual satu salinan ini. Mereka pikir itu akan menjadi bencana yang lengkap.

“Kami berjuang cukup keras untuk menjaga merek FIFA dan kami pikir kami akan mempertahankan pasar di luar AS. Ada banyak, banyak pertemuan di mana itu bisa dengan mudah dibatalkan. Kami harus terus-menerus kembali membenarkan-itu. ”

Dia menambahkan: “Ini adalah waktu di mana anggaran kami berada di $ 50.000 atau $ 100,000 wilayah, sehingga ini anggaran kecil. Jika itu jutaan kita pasti sudah langsung tewas. Tidak ada cara kita bisa dibenarkan semacam beban. Kami cukup kecil untuk benar-benar mendapatkan perhatian tapi aku ingat beberapa pertemuan di mana orang akan mengatakan: ‘? Bukankah kita sudah membunuh game ini’

“Saya yakin bahwa jika bukan di Kanada dan kami berada di bawah hidung orang Amerika itu tidak akan selamat. Kami hanya jenis hanya menyelinap melalui celah-celah. ”

Ada kekhawatiran lain juga. FIFA Internasional Sepakbola (yang nama akhirnya nya) dijadwalkan untuk peluncuran musim semi 1994, hanya menjelang Piala Dunia di AS. Tapi itu akan menempatkan FIFA melawan permainan resmi Piala Dunia dari penerbit saingan AS Emas.

McMillan ingat: “Saya berkata kepada tim:” Kami harus mengalahkan mereka ke pasar. Kita perlu di rak untuk Chrismas. “Jadi tim hanya bercita-cita itu. Kami menyusut jadwal kami secara dramatis dan bekerja di sekitar jam. Saya ingat di studio tua kami, kami memiliki dapur di lantai bawah dan saya ingat Joey Della-Savia membuat spaghetti untuk tim. Maksudku kami bekerja 16 jam hari.

“Anda akan melihat orang-orang di delapan pagi, karena kami bekerja pada waktu Inggris, juga. Kami akan memberi membangun ke Inggris untuk umpan balik. Kami akan melakukan ini dengan benar melalui Spring dan Summer memukul tenggat waktu kami. Kami kelelahan tapi terinspirasi karena setiap hari permainan menjadi lebih baik. Itu hanya sebuah pengalaman menggembirakan.

“Ketika saya menelepon tim ke ruang rapat dan mengatakan kepada mereka kita harus keluar oleh Natal, aku berkata:” Ini akan menjadi sangat sulit tapi saya dapat meyakinkan Anda ini akan menjadi sesuatu yang Anda akan ingat untuk sisa Anda hidup. “Dan aku tahu bahwa jenis pidato adalah klise tapi itu jenis ternyata benar.”

“Kami memiliki David Platt datang ke kantor dan kami semua sesuai Star Struck.
Industri game di hari-hari tidak memiliki bintang. “

– Tom Stone, mantan bos EA Eropa

Sementara itu, di kolam di Inggris, hype sedang membangun dengan cepat. Neil T sibuk mempromosikan judul, mengambil kode terbaru untuk pers: “Tidak ada beta atau alpha saat itu, biasanya Anda baru saja menampilkan produk lengkap. Tapi itu tampak begitu baik dalam pembangunan yang kita menyelinap preview untuk pers. Kami menunjukkan mereka dan mereka pergi gila. Kemudian prediksi penjualan naik. AS tidak memiliki harapan yang tinggi untuk itu, tapi kami punya harapan besar. ”

Webster menambahkan: “Orang PR kami mengatakan bahwa ulasan akan datang kembali luar biasa kuat dan bahwa Virgin [Sensible Sepakbola penerbit] khawatir. Bahkan tertunda permainan karena tim di sana tahu kita akan memukul benar-benar kuat. ”

Harapan penjualan untuk FIFA yang meningkat. Permainan ini tampak hebat. Semua tim diperlukan sekarang adalah seseorang untuk menempatkan pada kotak.

“Kami menghubungi agen David Platt, yang adalah bintang nyata pada saat itu,” jelas Stone.FIFA_IS_Pack

“Kami memiliki David Platt datang ke kantor dan kami semua sesuai bintang melanda karena, kau tahu, industri game di hari-hari tidak memiliki bintang.”

Webster ingat hari itu juga: “Ini adalah ketika ia telah melakukan pergelangan kakinya, dan aku kebetulan telah terluka ligamen saya dan menjalani operasi. Jadi kami berdua di plester dan kami hanya diperdagangkan pemain saling plester. Itu cukup menyenangkan. ”

Segala sesuatu tampak berada di tempat untuk peluncuran blockbuster. Ada hanya waktu untuk satu gangguan terakhir dari manajemen AS.

“Itu sangat terlambat pada hari dan proposal adalah untuk memanggil permainan Team USA Sepakbola di Amerika Utara dan tidak FIFA global,” klaim Webster.

“Saya ingat Nancy Smith (VP Utara Penjualan Amerika) dan Larry [Probst, presiden dan CEO] terlibat dalam percakapan dan pada akhirnya itu adalah kasus: ‘Hei lihat jika kita melakukan itu, kita akan memiliki risiko persediaan yang signifikan. Jika Anda tidak percaya pada FIFA, Anda selalu dapat menggeser cartridge kembali ke Eropa dan menjualnya. Sedangkan jika Anda menyimpannya untuk Team USA Anda seperti terjebak ‘

“Saya rasa ini adalah raksasa benar-benar Anda tahu, jika itu akan disebut Team USA itu tidak akan menjadi produk global dan yang tidak benar-benar masuk akal.”

“Aku mengambil permainan rumah. Saya bermain.
Dan aku berkata kepada orang-orang Inggris: “Ini saatnya untuk kapal hal ini”.

– Bruce McMillan

Itu September 1993 ketika sebuah tim pengembangan kelelahan selesai FIFA Internasional Sepakbola. Dan itu adalah saat itu telah tinggal di memori McMillan ini.

“Itu dua di pagi hari dan Joey, Jan dan saya duduk di meja. Jan menyukai biola dengan permainan dan saya akan mengatakan, ‘Oke Jan biarkan saja sekarang. ”

“Joey memiliki kunci Jan untuk PC-nya. Jadi ia membakar cartridge ini dan mengunci keyboard yang Jan ini.

“Dan Jan seperti: ‘Tunggu Aku hanya ingin menambahkan ini dan itu’. Dan kami mengatakan: ‘Tidak Saatnya untuk melepaskan. ‘

“Joey menulis di cartridge, menyerahkannya kepada saya dan berkata: ‘. Membawa pulang ini milikmu” Dan aku masih memilikinya di sini.

“Aku mengambil permainan rumah dan bermain sepanjang malam. Dan aku hanya berkata kepada orang-orang Inggris: “Ini saatnya untuk kapal hal ini ‘”.

Setelah beberapa bulan intens, FIFA selesai. EA Canada tim akhirnya bisa pulang ke keluarga mereka, belum lagi tempat tidur mereka. Namun, tim Inggris punya banyak untuk bergaul dengan dan mengambil permainan ke Wembley.

“Kami menyewa Wembley suite untuk Inggris vs Polandia pertandingan, itu adalah kualifikasi Piala Dunia. Kami mengundang 150 tamu dan kami mengumumkan, sangat bangga, bahwa kami telah menandatangani kesepakatan dengan FIFA, “kata Tom Stone.FIFAgoal

Neil T ingat: “Kami memesan beberapa kursi di mana Anda melihat ke bawah di lapangan di sekitar sudut yang sama seperti yang Anda lakukan dalam permainan.

“Orang-orang melihat FIFA sebelum pertandingan dan kemudian segera pergi keluar dan menyaksikan permainan dari sudut yang sama. Itu jenis jenius. ”

EA diharapkan untuk menjual hampir 300.000 eksemplar dari FIFA di seluruh Eropa. Tapi Neil T percaya bahwa mereka bisa berbuat lebih banyak, dan dia benar. Permainan hanya diluncurkan pada bulan Desember, tapi masih bergeser hampir setengah juta kopi hanya dalam empat minggu, menjadi game terlaris terbaik tahun ini.

Cerita tidak berakhir di sana, tentu saja. Selama 20 tahun berikutnya, FIFA akan pergi untuk menjadi seri video game terbesar di dunia.

Dan semua orang di balik franchise FIFA akan pergi untuk mencapai hal-hal besar. Banyak bertanggung jawab perusahaan mereka sendiri. Beberapa masih membangun video game saat ini.

Itu semua orang kecuali Joey Della-Savia. Tak lama setelah rilis FIFA Internasional Sepakbola, dan ketika bekerja pada pertandingan berikutnya, manajer pengembangan populer tragis tewas dalam kecelakaan mobil dalam perjalanan untuk bekerja.

Itulah alasan sebenarnya Bruce McMillan masih memiliki cartridge pertama. Bukan karena itu adalah bagian dari sejarah video game, tapi karena itu Joey yang memberikannya kepadanya.

“Saya ditawari $ 1.000 untuk cartridge yang baru-baru ini,” kata McMillan “Saya hanya mengatakan itu tidak akan terjadi.”

Dia menambahkan: “Kau tahu, setidaknya Joey melihat keberhasilan yang pertandingan pertama.

“Dia adalah Italia dan saya ingat pergi ke tempat orang tuanya ketika bibi dan pamannya muncul. Mereka tidak bisa berbahasa Inggris sama sekali dan mereka terus tersenyum padaku jadi aku bertanya Joey: ‘Apa yang telah Anda diambil di wajah saya? “Dan dia seperti:’ Tidak, tidak. Mereka hanya sangat senang bahwa kami bekerja sama karena ibu telah mengatakan kepada mereka apa yang telah kita lakukan. ”

“Joey telah dibangun pertandingan sepak bola ini yang nomor satu di seluruh dunia, dan mereka hanya begitu bangga.”

FIFA_final

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *