6 Hal Menarik Mengenai PES 2016

Pasang surut Pro Evolution Soccer (PES) tak lepas dari serial Winning Eleven yang menjadi induk kelahirannya. PES juga punya sejarah pertarungan dengan serial FIFA buatan EA Sports.

PES punya penggemar tersendiri dan mungkin berbeda dengan tipe pemain FIFA. Simulasi sepak bola buatan Konami ini lebih banyak menampilkan fitur taktik semi manual untuk mencapai kedalaman yang diinginkan seorang pemain yang ingin mencoba simulasi berbagai skill sungguhan.

Setelah PES 2016 dirilis baru-baru ini, setidaknya ada enam hal menarik yang pantas dijadikan alasan untuk memainkannya.

6. Detail Grafis Makin Realistis


Tak ada orang yang mau memainkan tim yang isinya pemain bewajah kotak-kotak. Mereka ingin permainan yang menampilkan sosok serealistis mungkin. PES2016 menawarkan grafis yang sesuai harapan para penggemar.

Wajah-wajah, gaya bermain, sampai trik pemain kian mendekati sosok di dunia nyata. Perkembangan teknologi grafis ini akan sejalan dengan makin berkembangnya perangkat keras dan lunak yang mendukungnya.

5. Kedalaman Gameplay


​Soal pilihan taktik, boleh saja Anda lebih memilih serial Football Manager misalnya. Tapi soal kontrol terhadap implementasi di lapangan tidak akan sedalam PES2016. Anda tidak hanya mengatur taktik tapi juga turun ke lapangan dan memastikan rencana permainan berjalan sesuai yang diharapkan.

Untuk pemain pemula, game ini memang agak membingungkan. Anda sebaiknya mencoba satu tim dulu dan dalami berbagai karakternya sebelum mencoba pindah ke klub lain.

4. Menu-Menu Mudah Dipahami


​Seri sebelumnya ada banyak keluhan soal menu-menu rumit dan membingungkan. Tapi di versi baru ini menu-menu lebih enak dilihat dengan warna-warna dan penempatan yang bagus.

PES2016 memang punya kekurangan ​soal lisensi pemain dan tim-tim tertentu terutama Premier League. Tapi Anda bisa membuat sendiri sampai logo klub di kostum tim, jadi sebetulnya tidak ada masalah berarti di sini, hanya butuh kerja ekstra sedikit.

3. Variasi Tendangan Sangat Banyak


Cara mengambil tendangan penalti bisa berbeda-beda, itu jelas. Trik mengambil tendngan bebas juga sudah umum. Tapi mengoper dengan gaya Rabona? Ini jarang sekali.

Anda bisa mencoba tendangan-tendangan tidak lazim selama pertandingan. Salah satu contoh adalah umpan silang di video di atas dilakukan dengan gaya Rabona.

2. Skill Tidak Generik


​Tidak semua pemain bisa dipakai untuk melakukan semua trik. Tapi ada informasi tentang trik-trik apa saja yang bisa dilakukannya. Jadi kita tidak bisa misalnya memakai kiper untuk menjadi peyerang dan melakukan trik-trik gila. Itu tidak realistis.

Video di atas adalah tutorial untuk beberapa trik yang biasa dilakukan pemain-pemain latin.

1. Hasil-hasil Pertandingan Tak Terduga


​Ini adalah salah satu aspek yang disukai oleh penggemar fanatik PES 2016. Kita tidak bisa menggunakan cara yang sama untuk menang di satu pertandingan. Ada elemen-elemen tak terduga yang harus dihadapi pemain.

Kontrol semi manual untuk pergerakan pemain secara individu maupun kelompok adalah salah satu penyebabnya. Fungsi-fungsi yang ada di Winning Eleven juga akan dijumpai di PES.
Daftar Stadion
– Giuseppe Meazza/San Siro
– St. Jakob-Park
– Old Trafford
– Allianz Arena
– Juventus Stadium
– Estadio
– Arena Corinthians
– Estadio Beira-Rio
– Estadio do Morumbi
– Estadio Urbano Caldeira
– Saitama Stadium 2002

You may also like...